Yang Pertama di Islam (1)

1 Yang pertama kali menggunakan kalender Hijriyah ?

Umar bin Khattab, sebabnya adalah ketika seorang laki2 memberi lembaran pembayaran kepada orang lain, tertulis didalamnya hutang yang harus dibayar pada bulan Sya’ban. Lalu Umar berkata, “Bulan Sya’ban yang mana? Tahun ini atau sebelumnya?”. Setelah itu Umar mengumpulkan para sahabat dan bermusyawarah dengan mereka, lalu mereka sepakat bahwa permulaan kalender dimulai sejak hijrahnya Rasul SAW.

2. Yang pertama kali menulis “bismillahir rahmanir rahim”?

Nabi Sulaiman a.s. yaitu ketika beliau menulis surat kepada ratu Balqis, pemimpin kerajaan Saba’. Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (Q.S. an naml : 30)

3. Yang pertama kali menunggang kuda ?

Nabi Ismail a.s., dialah yang pertama kali menjinakkan kuda. Sebelumnya kuda adalah binatang yang liar, tidak bisa jinnak dan ditunggangi. Beliau mengajarkan cara menjinakkan kuda kepada anak cucunya, hingga akhirnya kuda dapat dijinakkan hingga sekarang.

4. Yang pertama kali syahid dalam Islam?

Al Harits bin Abi Halah r.a. , ketika Nabi saw diperintahkan untuk berda’wah secara terang-terangan, Nabi saw berdiri di masjidil haram dan berkata : “katakanlah Laa ilaha illa Allah, maka kalian akan beruntung”. Lalu orang Quraisy mendatangi keluarga Nabi, dan Al harits yang pertama kali didatangi. Ia dipukuli di tengah-tengah kerumunan orang orang, lalu mereka dibubarkan. Tetapi mereka kembali memukulinya hingga mati.

5. Wanita pertama yang syahid dalam Islam ?

Summayah binti Khabbath, ia adalah ibu dari Ammar bin Yasir. Meninggal pada tahun 7 sebelum hijrah. Masuk Islam bersama keluarganya pada saat da’wah sembunyi-sembunyi tetapi akhirnya diketahui oleh kafir Quraisy dan disiksa hingga meninggal.

6. Yang pertama kali shalat Fajar?

Nabi Adam as, Allah menerima taubatnya ketika terbit fajar, maka beliau shalat dua rakaat sebagai tanda syukur kepada Allah.

7. Yang pertama kali shalat Dzuhur?

Nabi Daud as. Allah menerima taubatnya saat matahati condong, beliau shalat empat rakaat sebagai tanda syukur diterima taubatnya dan atas karunia Allah berupa ilmu dan hikmah.

8. Yang pertama kali ……nantikan di posting selanjutnya yaa….

One thought on “Yang Pertama di Islam (1)

  1. Reblogged this on dawudyusnandi and commented:
    3. Yang pertama kali menunggang kuda ?

    Nabi Ismail a.s., dialah yang pertama kali menjinakkan kuda. Sebelumnya kuda adalah binatang yang liar, tidak bisa jinnak dan ditunggangi. Beliau mengajarkan cara menjinakkan kuda kepada anak cucunya, hingga akhirnya kuda dapat dijinakkan hingga sekarang.
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, mohon bantuannya admin ana membutuhkan data otentik dalilnya mengenai poin yang ke 3. sebelum dan sesudahnya ana ucapkan jazzakallahu khairan katsiro. wassalu ‘alaikum warahmatullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s