Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Menggunakan Obat

Dr. Abdurrahman Al-Majid, Dosen Univ. Malik Su’ud, Jurusan Farmasi

m

minum obat

Diantara sebab terbesar hilangnya manfaat obat adalah karena salah dalam penggunaannya. Di bawah ini adalah sejumlah hal penting dari kesalahan-kesalahan itu, bahkan sebagiannya berakibat fatal terhadap badan :
1. Mengkonsumsi obat karena mendapat anjuran teman atau kerabat dekat. Atas dasar ini, akhirnya kita sering bolak-balik ke apotek untuk membeli obat tanpa mengetahui informasi medisnya, dan hanya mengandalkan pengalaman kawan atau kerabat tersebut yang manjur ketika mengkonsumsi obat tersebut. Dan sudah diketahui umum bahwa suatu obat yang cocok (manjur) terhadap seseorang belum tentu cocok buat orang lain, sebab kesembuhan yang dialami oleh orang lain dipengaruhi oleh banyak hal, seperti faktor hereditas, usia, gender, berat badan, stamina tubuh saat dia sakit, dan lain-lain. Berdasarkan hal itu, maka berbeda-beda pula kesembuhan yang dialami oleh penderita, waktu yang diperlukan untuk pengobatan, dosis, dan cara lainnya. Hal semua ini tidak mungkin diketahui kecuali setelah berkonsultasi dengan dokter. Dan bila ia mendatangi apotek, maka apotek akan menyarankannya agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini jika obat yang dibutuhkannya itu memang membutuhkan pengawasan dokter.
2. Menyimpan obat-obatan dan zat-zat kimia pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak, khususnya anak di bawah 5 tahun. Anak pada usia ini tidak mengetahui bahaya apa yang ada dalam benda yang ia makan (masa anal). Dan data statistik menyatakan bahwa 50 % kasus keracunan terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun.
3. Tidak memperhatikan tanggal kadaluwarsa. Setiap obat memiliki tanggal kadaluwarsa sehingga seseorang yang akan mengkomsumsi obat tersebut bisa menggunakannya sebelum tanggal yang tertera pada label obat tersebut. Akan tetapi, jika menggunakannya setelah melewati waktu kadaluwarsamaka manfaatnya tidak begitu optimal, atau malah bisa membuatnya keracunan.
4. Menggunakan obat tetes mata, tetes hidung, tetes telinga setelah sekian lama ia buka hingga melewati masa kadaluwarsa. Banyak orang sakit yang menggunakan obat tetes ini dan terus menggunakannya setelah obat itu ia buka lebih dari setahun. Hal ini akan mengurangi khasiat obat bahkan terkadang bisa menjadi penyakit apabila digunakan. Obat tetes hanya bisa digunakan paling lama 1 bulan setelah dibuka, baik belum atau sudah melewati masa kadaluwarsa (sebagian obat malah menyarankan 24 jam setelah dibuka harus dihabiskan atau dibuang).
5. Terlalu sering ke dokter dan apotek untuk berobat dan mengkonsumsi obat dalam waktu yang pendek, kemudian berhenti kemudian mengkonsumsi obat lainnya. Dan kemungkinan bahayanya perilaku ini adalah pasien tidak memberitahu dokter tentang jenis-jenis obat yang sudah ia gunakan yang mempengaruhi kesehatan pasien karena seringnya mengkonsumsi obat.
6. Menggunakan dua jenis obat tanpa meminta nasihat dokter. Hal ini terkadang menjadikan dua obat itu saling bertolak belakang, mungkin akan mengurangi khasiat obat atau pun hilang sama sekali, atau menambah khasiat salah satunya atau bahkan keduanya yang bisa saja menyebabkan kematian.
7. Meninggalkan obat dan tidak melanjutkan dalam mengkonsumsinya sesuai waktu yang tentukan oleh dokter. Hal ini biasanya dilakukan pasien karena sekedar merasa sudah sehat seperti obat anti biotik. Padahal obat anti biotik harus digunakan sampai batas waktu yang disarankan oleh dokter walaupun sudah merasa sudah sehat sebelum habis obat anti biotik tersebut.
8. Berhenti dari mengkonsumsi obat secara langsung setelah merasakan efek sampingnya. Dan sudah diketahui umum bahwasanya setiap obat memiliki efek samping; sebagiannya kecil dan akan hilang dalam beberapa waktu, hal ini tidak membahayakan badan; adapun jika efek sampingnya besar maka harus dikonsultasikan dengan dokter.
9. Pasien mengkonsumsi air dalam jumlah banyak atau meminum-minuman yang mengandung gas, atau meminum sirup ketika mengkonsumsi obat. Hal ini pada umumnya akan mengurangi khasiat obat tersebut. Oleh karena itu seorang pasien disarankan meminum air sebatas keperluannya saja untuk membantunya menyerap obat tersebut, kecuali apabila ada saran dokter.
10. Sebagian pasien meremehkan dalam mengkonsumsi makanan bersamaan minum obat. Padahal hal ini bisa menyebabkan berkurangnya khasiat obat atau menambah manfaat obat. Misalnya: Beberapa anti biotik akan berkuarang manfaatnya atau khasiatnya jika kita memakan makanan yang mengandung zat kalsium seperti telor dan sebagian susu. Oleh karena itu disarankan agar orang meminum anti biotik satu jam sebelum atau sesudah makan. Oleh karena itu seorang pasien disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui beberapa makanan yang mungkin harus dihindarinya.
11. Berlebihan dalam mengkonsumsi anti biotik dengan membeli obat tanpa sepengetahuan dokter atau berlebih-lebihannya sebagian dokter dalam memberikan anti biotik kepada pasien. Sebuah penelitian menyatakan bahwasannya mengkonsumsi anti biotik secara berlebihan akan menyebabkan munculnya bakteri yang melawan anti biotik tersebut, dimana hal ini akan menyebabkan hilangnya khasiat anti biotik.
Sumber: Majalah Al-Usrah/Th 11/No.123/Bulan Jumada Al-Akhirah 1424H/Agustus 2003M

4 thoughts on “Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Menggunakan Obat

  1. Pretty cool post. I just stumbled upon your blog and wanted to say
    that I have really liked reading your blog posts. Anyway
    I’ll be subscribing to your blog and I hope you post again soon!

  2. Memang yang banyak terjadi seperti di atas, maklumlah masih banyak masyarakat yang tidak mengerti kalau obat itu harus sesuai dengan anjuran dokter..jangan sembarangan minum obat karena nenek bilang itu berbahaya..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s