Sufi Bukan Ahlus Shuffah!

Sebagian kaum muslimin beranggapan, bahwa setiap orang yang memiliki perilaku baik atau secara umum, moralitasnya sangat tinggi dan terpuji, maka orang tersebut dikenal dengan sebutan shufi yaitu pengamal ajaran tashawwuf. Mereka beralasan dengan beragam argumen, semuanya itu bermuara kepada ‘sosok seseorang yang dianggap suci atau bersih’ yang dihubungkan dengan akar kata mirip dengan kata shufi. Benarkah demikian?

Beberapa Tanggapan
Diantara mereka ada yang menyandarkannya pada sekelompok komunitas miskin shahabat rasûlullâh saw. yang menghibahkan dirinya di jalan Allah, dimana mereka tinggal di serambi mesjid Nabawi. Mereka itulah yang disebut ahlus shuffah atau ashâbus shuffah. (Al-Asqalani dalam Hadyus Sâri Muqaddimah Fathil Bâri, hal. 221) selengkapnya download di sini

3 thoughts on “Sufi Bukan Ahlus Shuffah!

  1. Saya setuju, malah semestinya umat Islam mengikuti jejak kehidupan Rasul dan para Sahabat yang zuhud terhadap kehidupan dunia. Tapi tak semestinya juga membuat semacam golongan sehingga ada sebutan Sufi dan sebagainya. Istilah ini kan tak ada ketika Rasul dan para Sahabat itu masih hidup. Silakan yang mau zuhud atau apapun yang baik2 dan sesuai dengan ajaran Islam. Sebutan dan kelompok serta golongan cuma menciptakan kotak2 dalam kehidupan umat.
    Salamun kaulam mir rabbir rahim, wamtazul yauma ayyuhal mujrimun.
    Visite ke blog saya di http://www.imisuryaputera.co.cc

  2. salafiy juga tidak ada di jaman nabi. nahdliyin juga gak ada. embel2 semacam memang muncul setelah jaman Rosul saw. orang2 juga menyebut dirinya pengikut sunnah alias sunni juga bukan di jaman Rosul saw. yg ada di jaman Rosul saw, muslim, kafir, dzimmi, muhajirin, anshor (g pake GP lho ya!)🙂

  3. janganlah terlalu mudah untuk menempatkan diri anda sebagi seorang sufi !!!! karena masih banyak yang belum bisa kita perbuat untuk mengagungkan sang kholiknya alias masih banyak keakuan yang ada pada diri kita sendiri atau kurang ihlasnya !!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s