Room Mate, Film Islamy?

Apa jadinya jika seorang gadis terpaksa serumah dengan lelaki yang bukan muhrimnya ? Di negara seperti Iran, ini masalah besar, karena dilarang keras oleh hukum agama maupun hukum sipil setempat.

Tapi Mahsa (Bita Saharkhiz) tak punya pilihan lain, karena tanpa Jamshid (Ali Reza Ashkan), ia tak akan punya tempat bermukim untuk menyelesaikan kuliahnya di Teheran. Dilema dan konflik inilah yang menjadi tema cerita filem Room Mate (Hamkhaneh, 2008).

Masha dan Jamshid terpaksa berbohong sebagai pasangan suami istri agar dapat menempati rumah kosong milik seorang nenek tua yang akan berjalan-jalan keluar negeri.

Keduanya juga harus bahu-membahu memenuhi segala kebutuhan mulai dari belanja, memasak, sampai membersihkan rumah. Keadaan menjadi kacau saat sang nenek tidak jadi berjalan-jalan ke luar negeri karena visanya ditolak. Ketegangan pun semakin memuncak ketika Ayah Masha berkunjung dan menginap.

Film yang skenarionya ditulis sendiri oleh sang sutradara Mehrdad Farid dan diproduksi di tahun 2008 ini menggambarkan berbagai situasi yang pelik, menegangkan, namun cukup menggelitik
.

Human tragedy yang biasanya muncul dalam kebanyakan film Iran, nyaris tak terlihat dalam film ini.

Pernikahan khayalan
Pernikahan khayalan

Berbagai adegan yang dikemas dengan pola editing yang ketat dan cepat membuat penonton merasa gemas, penasaran dan bahkan tertawa terbahak-bahak.

Film ini juga mengajak penonton untuk melihat bagaimana kehidupan masa kini di kota besar seperti Teheran, lengkap dengan problem-problem sosial seperti peredaran obat terlarang dan pelacuran.

Meski settting-nya adalah komedi romantik, sutradara filem ini dengan ketat menjaga norma-norma yang selama ini diberlakukan bagi film-film Iran.

Belanja pesanan sang empu rumah
Belanja pesanan sang empu rumah

Tak ada satu adegan pun yang memperlihatkan Masha dan Jamshid bersentuhan fisik. Masha juga tampil selalu berkerudung di sepanjang film, meski ada beberapa adegan yang terjadi di kamar tidur serta ruang ganti.

Mungkin ini yang membedakan Room Mate dengan film-film komedi romantik dari negara-negara lain.

Apa yang membuat Jamshid dan Mahsa terpaksa harus tinggal serumah, apa saja yang terjadi selama mereka menjalaninya, dan bagaimana akhir dari petualangan tersebut ? penasaran donlot trialnya di sini

One thought on “Room Mate, Film Islamy?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s