Tehnik SEO di wordpress

Menurutku yang namanya SEO (Search Engine Optimization) adalah hal-hal yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah situs web supaya tidak menyulitkan pekerjaan mesin pencari untuk mengindeks situs web tersebut. Beberapa contoh SEO adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan URL yang permanen. Sebuah konten harus dapat diakses melalui URL yang sama baik pada saat konten tersebut pertama dipublikasikan, maupun 5, 10 atau bahkan 100 tahun yang akan datang.
  • Menggunakan URL yang ramah pengguna. URL seperti http://example.com/?id=49 tidak ramah pengguna. Sebaliknya URL seperti yang saya gunakan di blog ini ramah pengguna. Karena mesin pencari mengemulasikan pengguna, maka URL yang ramah pengguna juga ramah mesin pencari. Sebuah mesin pencari dapat mengetahui apa konten dari URL tersebut dari URL-nya. (Tentunya lebih mudah dicium search engine karena wordpress.com 70% pointnya)
  • Memastikan semua konten saling bertaut dan dapat diikuti secara ‘organik’, misalnya tidak menggunakan Flash, image map sisi server, pop up, Javascript dan sebagainya.
  • Memastikan konten dapat dilihat dengan baik dengan menggunakan perambah berbasis teks, misalnya dengan menggunakan tag alt yang deskriptif pada setiap gambar. Tidak seperti manusia, komputer tidak dapat dengan mudah mengartikan sebuah gambar.
  • Memperhatikan semantik dalam melakukan penulisan. Misalnya dengan menggunakan tag h1 untuk keperluan menuliskan judul, menggunakan strong atau em untuk kata-kata yang ingin kita tekankan, menggunakan abbr dan acronym untuk singkatan atau akronim dan sebagainya.
  • Mendaftarkan situs web ke mesin-mesin pencari. Jalan sekarang hal ini hampir tidak perlu dilakukan secara manual. Pengelola situs web dapat menggunakan protokol Sitemap untuk melakukannya.

So tunggu apalagi tingkatkan traffic blogmu dengan wajar! jangan sampai berlebihan he..3x..

Tips WordPress lainnya :

14 thoughts on “Tehnik SEO di wordpress

  1. Thank’s the trackback,
    berguna sekali info diatas, saya hampir putus asa soal masalah SEO ini. tertindas dengan SEO blog besar, yang sama-sama free WP tp kalah trafic, yang sedikit trafic tp kalah di script SEO-nya.

    semua cara diatas sudah saya terapkan, ya… saya cuma bisa ngakali saja dan ingin tahu seberapa naiknya SEO saya setelah pakai cara gila ini sejak 27 maret 09. maaf diposting tertulis 17 Januari 2009, karna saya tidak ingin menampilkannya di halaman utama.

    senang bisa sharing dengan anda…. saya mohon anda berkenan bertukar info.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s