20 Tahun usia Internet

Awalnya yang menggunakannya adalah militer AS, kemudian beberapa peneliti. Sekarang? Seluruh dunia! Internet bulan April ini berumur 20 tahun! Dalam 20 tahun terakhir, internet sudah mengalami banyak perkembangan.

20 Tahun yang lalu, di bulan Maret 1989 dimulailah perkembangan bagi apa yang disebut internet. Sejak mulai ditemukan, internet mengalami perkembangan yang sangat cepat. Saat ini lebih dari 1,3 milyar orang di seluruh dunia menggunakan jaringan internet. Itu setidaknya perkiraan para pakar.

Jaringan untuk Kebutuhan Sendiri

Tim Berners-Lee mendapat penghargaan “Millenium Technology Prize” tahun 2004 lalu untuk penemuannya.  Sebenarnya internet sebagai sarana berkomunikasi jauh lebih tua dari 20 tahun. Sudah sejak pertengahan 60-an dibangun fondasi bagi bangunan internet yang kita kenal sekarang. Ketika itu, militer AS ingin mempunyai jaringan yang terdiri dari komputer, di mana tukar-menukar data dapat berjalan dengan aman. Transportasi data juga harus tetap berfungsi, walaupun ada serangan bom atom. Hasilnya adalah “Arpanet“, sebuah jaringan yang awalnya hanya menghubungkan sejumlah kecil komputer.

Setelah itu internet terus berkembang, tetapi hanya di belakang layar dan tidak diketahui orang. Terutama universitas-universitas dan para peneliti menggunakan jaringan ini untuk kepentingan sendiri. Banyak orang menganggap sarana ini berguna, karena untuk pertama kalinya mereka dapat melakukan komunikasi antar negara tanpa kesulitan.

Gambar simbol World Wide Web, komputer yang menampilkan gambar dunia.  Namun demikian, waktu itu orang harus mengerti sepenuhnya cara penggunaan jaringan tersebut. Semua perintah untuk transpor data diberikan dalam tulisan yang sulit dimengerti. Berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya hanya dengan mengklik “mouse” ketika itu sama sekali belum dapat dibayangkan.

Penelitian di Swiss

Semua baru berubah dengan adanya penelitian oleh Tim Berners-Lee. Di tahun 80-an di pusat penelitian nuklir CERN di Swiss. Ketika itu di sana tidak memiliki sarana untuk menunjukkan hasil-hasil penelitian secara cepat dan sederhana kepada masyarakat umum. Itulah yang sekarang sangat mudah dilakukan melalui “World Wide Web“.

Jadi, mulai tahun 1989 Tim Berners-Lee mengembangkan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat sebuah tampilan internet yang dapat dibuka berkali-kali. Ia membuat program bagi “web server” yang pertama, yaitu tempat penampungan data bagi sebuah situs.

Kedai kopi dan internet di Shanghai, Cina; Tim Berners-Lee adalah orang yang menciptakan program spesial untuk membuka situs internet, yang disebut “browser”. Selain itu, ia mendapat ide untuk menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lainnya. Dengan demikian terciptalah apa yang disebut “links”.

Sekarang Sangat Populer

Bagaimana penggunaan internet di masa kini? Pada prinsipnya sekarang internet berfungsi sama seperti 20 tahun yang lalu. Tetapi ada perbedaan yang sangat jelas. Sekarang di internet ada elemen-elemen yang multimedial. Yaitu musik, foto, berbagai grafik, video dan permainan. Semua itu, 20 tahun yang lalu belum bisa dibayangkan.

Tim Berners-Lee tidak menjadi kaya karena penemuannya ini. Tahun 1993 internet dibebaskan dari biaya apapun. Dengan demikian, internet ketika itu dihadiahkan kepada masyarakat umum. Tetapi nampaknya itulah kunci keberhasilannya. Jika peneliti itu meminta biaya penggunaan yang tinggi, kemungkinan besar internet tidak akan sepopuler seperti saat ini. (ml)sumber

One thought on “20 Tahun usia Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s