Internet Gratis, Kecepatan Tinggi, dan Jangkauan Luas …Mungkinkah?

wimaxSebagai seorang blogger dan pencandu komunitas jejaring social, tentunya kita sudah menjajal berbagai macam koneksi internet. Baik itu lewat hape, warnet, kantor, atau yang belum puas pasang sendiri speedy di rumah. Bagi sebagian orang, saat ini berinternet termasuk sebuah kebutuhan. Kebutuhan yang hampir menyamai makan dan minum. Akan jenuh rasanya bila dua hari saja tidak mengupdate status di facebook. Atau bagi yang kecanduan nge-blog seminggu saja tanpa satu posting akan terasa sangat hambar. Tapi, btw bisa gak ya kita mendapat akses internet gratis, dengan kecepatan tinggi dan signal yang tak putus-putus?

Sejenak mari kita pehatikan. Kini, selain adanya layanan akses internet gratis melalui hotspot yang sudah banyak di mall-mall atau cafe-cafe di perkotaan, ternyata PT telekomunikasi Indonesia (TELKOM) berbaik hati dengan menyediakan sarana akses internet gratis melalui hotspot tersebut di tempat-tempat umum seperti di alun-alun yang ada di beberapa perkotaan.

Meskipun akses internet gratis tersebut baru bisa dinikmati dari jarak yang tidak terlalu jauh/luas karena perangkat aksesnya baru menggunakan WiFi, tetapi bukan tidak mungkin akses internet gratis dengan jangkauan yang sangat luas pun akan bisa kita nikmati dalam beberapa waktu yang tidak akan lama lagi. Alasannya, karena sebenarnya telah perkembangan teknologi yang menyerupai WiFi, yang bernama WiMax.
WiMAX merupakan sistem komunikasi nirkabel digital, juga dikenal sebagai IEEE 802,16, yang dimaksudkan untuk wireless “metropolitan Area Network”. WiMAX dapat memberikan akses broadband nirkabel (BWA) sampai 30 mil (50 km) untuk stasiun tetap, dan 3 – 10 mil (5 – 15 km) untuk mobile stasiun. Sebaliknya, WiFi/802.11 merupakan jaringan area lokal nirkabel standar terbatas, yang umumnya hanya memberikan akses sekitar 100 – 300 kaki (30 – 100m), walaupun dengan beberapa trik dan modifikasi tertentu, WiFi bisa diakses sampai jarak 3-5 kilometer-an. Hal ini membuat WiMax memiliki kehandalan dan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan WiFi.

WiMAX dapat digunakan untuk jaringan nirkabel seperti pada WiFi. WiMAX adalah generasi terbaru yang memungkinkan untuk menggunakan bandwidth yang lebih efisien, menghindari gangguan, dan ditujukan agar data harga lebih tinggi lagi jarak.

WiMax pun mempunyai beberapa keuntungan yang lain, baik bagi operator dan penyedia layanan jaringan maupun bagi para pengguna. Keuntungan ini siantaranya seperti layanan broadband di perumahan, layanan jaringan di daerah terpencil, dsb.

Di Indonesia, WiMax belum banyak dikenal masyarakat, mengingat masih belum meluasnya implementasi teknologi tersebut. Di sisi lain ISP (Internet Service Provider ) yang ada di Indonesia telah “terlanjur” memilih 3G sebagai jaringan utama akses internet. Padahal, konon kabarnya 3G tidak lancar untuk mengakses internet. Sebaliknya justru Wimax yang lebih baik. Di luar negeri, Wimax mulai dilirik sebagai pengganti kabel telepon untuk menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi, khususnya di daerah-daerah yang luas dan jauh tersebar seperti di pedesaan atau perkotaan.

Nah… sekali lagi, bukan tidak mungkin kan… layanan akses internet gratis dengan jangkauan luas dan berkecepatan tinggi tersebut ada di Indonesia, sehingga kita bisa menikmatinya dari jarak yang cukup jauh?Kalau bukan sekarang, Kapanlagi?
Mari kita dukung Telkom memasang free hotspot di pusat-pusat kota!

53 thoughts on “Internet Gratis, Kecepatan Tinggi, dan Jangkauan Luas …Mungkinkah?

  1. Ingin dapat trik internet gratis selalu update baik di PC atau di HP,buruan gabung di forum cyberzoner.com
    Forum baru dengan banyak fitur,ada juga fasilitas chat seperti di Facebook jg luoh.Ayo buruan gabung disini
    Trik Internet Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s