Rahasia Agar Tetap Cerdas Hingga Tua

Beberapa orang ada yang bisa tetap cerdas hingga usia tua. Ilmuwan kini tahu beberapa faktor yang membuat orang memiliki kemampuan seperti itu. Penelitian terbaru mendapati, ada beberapa faktor yang menjadikan pikiran lebih tajam termasuk olah raga, pendidikan, perilaku tidak merokok, serta aktifitas sosial. Penelitian sebelumnya menyebut, gen memainkan peran penting. Penelitian baru itu menunjukkan faktor perilaku di luar gen yang berpengaruh pada ingatan agar tetap tajam kini dan nanti.

Penelitian itu mengujicoba kemampuan kognitif 2.500 orang umur 70-79 selama 8 tahun. Lebih dari setengahnya menunjukkan penurunan fungsi fikiran. Namun 30% partisipan tidak menunjukkan perubahan kemampuan kognitif. Ilmuwan menyimpulkan ada beberapa faktor. Olah raga ringan sekali sepekan menjadikan 30% lebih tajam dibandingkan yang tidak berolah raga.

Pendidikan juga berpengaruh. Yang berpendidikan minimum SMA mampu mempertahankan kemampuan kognitifnya. Selain itu merokok juga memiliki hubungan dengan fungsi otak di usia tua. Terakhir bersosialisasi sangat baik untuk fikiran. Yang sering bersosialisasi 24% lebih bisa meningkatkan fungsi kognitifnya. sumber : inilah.com

4 thoughts on “Rahasia Agar Tetap Cerdas Hingga Tua

  1. Ping-balik: BRAINVIT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s