Mengembalikan File yang Hilang di Harddisk

Pernahkah Anda mengalami kejadian file dan directory hilang pada sebuah harddisk?. Atau tanpa sengaja file itu hilang. Misalnya Anda menempatkan seluruh data Anda yang jumlah filenya sangat besar kedalam drive letter D. Pada saat hari ketika anda membutuhkan, file dan directory pada sebuah drive lenyap entah kemana.

Padahal Anda masih mengingat baru kemarin sore atau baru beberapa saat lalu file dan directory itu masih ada.Atau kejadian lain seperti file program seperti file exe, ketika di click disebutkan telah rusak.

Kedua masalah di atas adalah gejala yang bisa terjadi pada sistem Windows XP pada sebuah drive dengan format NTFS. Bisa juga disebabkan masalah terlalu banyak file dan directory yang disimpan. Atau komputer mati mendadak karena terputusnya aliran listrik.
Cara memperbaiki masalah hilangnya file dan directory pada sebuah partisi
Bila Anda merasa ada yang agak aneh pada data anda didalam harddisk, khususnya pada sebuah partisi. Lalu memiliki gejala seperti di atas, cobalah langkah dibawah ini :
•    Langkah awal masuk ke bagian kiri Windows dan click bagian Run
•    Lalu ketik chkdsk /f d:
•    D: adalah nama drive yang Anda duga mengalami kejanggalan
•    Ketika program dijalankan untuk pemeriksaan dari sistem Windows XP. Maka Windows meminta harddisk anda di Dismount atau dilepas sementara waktu untuk pemeriksaan. Tekan Yes, dan biarkan sistem operasi memeriksa harddisk anda.


•    Proses selanjutnya Windows XP secara otomatis memeriksa komponen pada drive anda, dan mengembalikan file dan directory yang hilang untuk dikembalikan seperti semula.


•    Cara ini dapat mengembalikan file dan directory yang hilang secara mendadak dari dalam sebuah drive. Tetapi beberapa bagian seperti nama diretory bisa saja digantikan sendiri oleh sistem Windows XP dengan sistem nomor khusus. Dan anda perlu memberikan nama kembali pada file atau directory.
Cara diatas sudah diuji dan dapat mengembalikan dengan cepat file serta directory yang hilang dari dalam harddisk. Resiko dengan langkah tentu menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Penulis tidak bertanggung-jawab atas resiko lainnya yang disebabkan trik di atas.Tanganmu adalah harimau-mu!! sumber

3 thoughts on “Mengembalikan File yang Hilang di Harddisk

    • Sayangnya windows hanya memeriksa saja, hasilnya tetap harus memakai software pendukung seperti Get Data Back for NTFS, File Recovery, dan lain-lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s