Belajar Jurnalistik ala Youtube

youtube reporter's centerNampaknya ini menjadi angin segar bagi kalangan jurnalis.  YouTube sebagai situs online terkemuka, memberikan dukungannya kepada para jurnalis  dengan membuka layanan pelatihan jurnalistik online pada situsnya.

Pelatihan jurnalistik secara online ini dinamakan YouTube Reporters Center dan bisa diakses melalui alamat situs youtube.com/reporterscenter.

Pada alamat tersebut, terdapat video tutorial berseri dengan subjek pembelajaran yang berbeda-beda di antaranya investigative journalism, citizen journalism, journalism ethics dan cara serta tips melakukan interview. Yang menarik, tips yang dihadirkan datang dari para jurnalis senior kenamaan. Salah satunya wartawan senior Amerika, Bob Woodward. Demikian keterangan yang dikutip dari AFP, Selasa (30/6/2009).

Woodward bersama sahabatnya, jurnalis Washington Post mempresentasikan video berdurasi lima menit dengan subjek investigative journalism. Mereka mengungkap skandal Watergate yang berujung pada peletakan jabatan presiden AS ke-37, Richard Nixon.

Presenter berita CBS News Katie Couric membeberkan tips, bagaimana mengadakan interview yang baik dan efektif. Sementara Ariana Huffington, pendiri dan editor in chief situs The Huffington Post website memegang subjek tentang citizen journalism.

Ada juga kolumnis New York Times, Nicholas Kristof yang menghadirkan berbagai instruksi lengkap untuk melakukan laporan langsung dari wilayah konflik. Selain itu masih banyak pula tips dan trik jurnalistik lainnya, di antaranya cara menangkap dan menyampaikan berita dari ponsel, dan bagaimana menarik perhatian pemirsa melalui berita yang diposting di YouTube. Anda tertarik? sayangnya layanan ini hanya tersedia dengan bahasa Inggris!! sumber

3 thoughts on “Belajar Jurnalistik ala Youtube

  1. wah, terima kasih atas infonya kebetulan saya kuliah jurusan jurnalistik, tapi video ini hanya membantu sedikit, karena kemampuan bahsa yang kurang.. huhu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s