Facebook Diserang Hacker

facebook hackedWaspada, itulah seharusnya kita lakukan. Situs jejaring sosial Facebook ternyata dikeluhkan masih rawan diserang oleh Hacker. Sophos, perusahaan spesialis pengamanan dunia IT kembali memperingatkan pengguna internet bahwa informasi pribadinya mungkin dalam bahaya dan sebaiknya dijauhkan dari internet. Pasalnya, muncul informasi bahwa situs jejaring sosial terpopuler saat ini yakni Facebook memiliki celah yang memungkinkan hacker mengakses informasi profil yang berharga dari 200 juta lebih penggunanya. Menurut Sophos, data yang dapat diambil termasuk tanggal lahir, tempat kelahiran, jenis kelamin, anggota keluarga, status hubungan, dan lain-lain bisa digunakan untuk melakukan pemalsuan identitas.Pembuat blog FBHive.com menemukan cara yang mudah untuk memperlihatkan apapun yang dicantumkan pada panel ‘Basic Information’ setiap pengguna Facebook. Bahkan meskipun informasi ini telah disembunyikan oleh pengguna menggunakan setting pengamanan situs tersebut. Dengan memanfaatkan celah keamanan, FBHive berhasil mengakses informasi personal anggota Facebook seperti Mark Zuckerberg (CEO Facebook), Kevin Rose (pendiri Digg), serta Cory Doctorow (blogger ternama).

Celah keamanan tersebut saat ini sedang dipernaiki oleh Facebook. Meski begitu belum diketahui apakah hacker telah menggunakan informasi yang sempat bisa diakses tersebut untuk disalah gunakan. “Untungnya Facebook telah menyadari dan memperbaiki celah keamanan ini. Tetapi mengetahui bahwa ternyata ada celah keamanan, apalagi yang dapat berpotensi membahayakan jutaan pengguna Facebook, yang padahal mereka mengira bahwa informasi mereka aman tentu tidak mengenakkan,” kata Graham Cluley, Senior Technology Consultant Sophos, pada 26 Juni 2009. “Ini bukan pertama kali Facebook mendapati mereka menjadi pusat perhatian karena tidak berhasil mengamankan informasi penggunanya. Bulan lalu, celah keamanan yang memungkinkan pencuri identitas dan spammer mengumpulkan alamat email pribadi juga terungkap,” ucap Cluley.

Cluley mengatakan, pengguna mungkin perlu mengetahui bahwa jika mereka ingin benar-benar aman di dalam jejaring sosial, mereka tidak seharusnya mengandalkan situs untuk menitipkan data mereka. “Bahkan mungkin akan lebih baik jika tidak mengupload informasi penting sama sekali,” ucap Cluley. sumber

7 thoughts on “Facebook Diserang Hacker

  1. wah harus berhati-hati tuch…….kalau misalnya diserang nanti bakalan berantakan tuch FB,,,,
    pengelola FB harus lebih canggih lagi dalam melindungi situs jejaring pertemanan ini……………………………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s