Yang Pertama Kali Mengirim e-Mail

E-mail iconMenulis surat bukan hal yang asing lagi di telinga kita. Dengan menulis surat, kita belajar mengungkapkan perasaan secara penuh lewat tulisan. Apalagi sekarang zamannya surat elektronik, atau yang lebih dikenal dengan e-mail. Kehadiran e-mail ini dapat menggantikan cara tradisional yaitu surat. Dengan menggunakan e-mail data-data yang penting dapat dikirimkan dalam waktu sekejap, berbeda dengan surat yang dapat membutuhkan waktu berhari-hari. Tahukah Anda siapa yang pertama kali menggunakan e-mail?

Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) yang pertama berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlison di BBN suatu hari di tahun 1972. Sebelumnya, Tomlison telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET.

email_icon

Selain itu, yang juga menarik adalah penemuan lambang @ pada e-mail yang kemudian digunakan orang di seluruh dunia. “Karena saya yang pertama menemukan, jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan,” ungkap Tomlison. “Saya memilih lambang @,” ujarnya. Karakter ini, menurut dia, lumayan membantu karena mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Ia tidak menyadari betapa saat itu ia sedang menciptakan sebuah icon penting untuk jagat Internet.

Courtesy : berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s