4 Langkah Efektif Mencegah Spam dalam E-mail

E-mail spam merupakan salah satu gangguan terbesar saat ini. Pada kuartal keempat tahun 2008, Anti-Abuse Working Group melaporkan bahwa sekitar 90% dari semua E-mail adalah spam. Itu jumlah yang luar biasa. Ini jelas menunjukkan berapa banyak waktu dan energi harus terbuang sia-sia untuk menerima, mengidentifikasi dan menyingkirkan spam. Sementara perlindungan terhadap spam saat ini kurang begitu efektif. Selain spam biasa, kita juga terbiasa menerima banyak iklan di inbox. Walaupun email ini termasuk spam, namun terkadang E-mail ini tidak teridentifikasi oleh anti-spam. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghentikan spam adalah untuk mengontrol informasi tentang diri Anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah melindungi dan menyembunyikan alamat E-mail Anda. Ada beberapa langkah efektif yang dapat kita lakukan, di antaranya :

1. Samar-kan Alamat E-mail Anda

Termasuk cara jitu menghentikan spam adalah dengan menyamarkan alamat E-mail. Baik itu di blog, profil di jejaring sosial atau sebagai signature E-mail. Salah satunya dengan tidak menyebutkan secara jelas, tapi dengan mengeja-nya. Contoh : kudakuda at yahoo dot co dot id, email asli : kudakuda@yahoo.co.id

2. Sembunyikan alamat E-mail Anda dalam Gambar

Cara yang paling mudah lainnya ialah dengan menyembunyikan email dalam gambar.  Ada beberapa situs online yang dapat Anda gunakan. Salah satu yang menyediakan fungsi-fungsi lainnya adalah EmailCover.


Tidak hanya menghasilkan gambar yang mengandung alamat E-mail Anda dalam format CAPTCHA, situs ini juga menjadi host gambar Anda dan menyediakan sekumpulan link yang dapat digunakan untuk menanamkan gambar dalam situs web Anda, tanda tangan atau situs jaringan sosial. Menggunakan fitur penanda, Anda dapat mudah langsung berbagi alamat E-mail Anda dengan situs yang paling populer.
Situs lainnya: E-Mail Icon Generator.

3. Encode Alamat E-mail Anda

Jika Anda harus mengirimkan link E-mail aktif, misalnya untuk memberi tahu orang agar cepat dan mudah untuk menghubungi Anda. Anda dapat mengkodekan alamat E-mail Anda dengan cara yang tidak dapat dibaca oleh spambots, yang mengirim alamat eMail dari situs web.

Mailto Encoder akan men-decode Alamat E-mail Anda menggunakan Javascript. Hasilnya adalah karakter yang tidak jelas

4. Jangan Berbagi alamat E-mail Anda

Yang terakhir adalah jangan pernah berbagi alamat eMail Anda sama sekali. Set up inbox sementara atau bentuk di mana Anda dapat dihubungi secara tidak langsung.

Contohnya adalah whspr! memungkinkan Anda untuk membuat email sementara, yang akan me-relay pesan ke alamat eMail Anda. Pengguna harus membuktikan bahwa mereka adalah manusia dengan melewati uji CAPTCHA.

Courtesy : makeuseof.com

2 thoughts on “4 Langkah Efektif Mencegah Spam dalam E-mail

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s