Langkah Efektif Lindungi Akun FB dari Hacker

Percayakah Anda, ternyata Facebook tak sepenuhnya  memberikan jaminan keamanan  bagi akun penggunanya? Banyak kejadian yang terjadi, beberapa akun Facebook berhasil diretas oleh sekelompok hacker. Hal ini tentunya bisa menimpa siapa saja, termasuk kita yang berada di Indonesia. Sebagai negara yang berkembang, Indonesia tercatat sebagai pengguna Facebook terbesar se-Asia. Dari catatan survei yang dilakukan Global Monitor menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Facebook terbanyak di kawasan Asia. Dalam laporan tersebut menyebutkan, hingga bulan November Facebookers di Tanah Air mencapai angka 12,2 juta akun, sebelumnya pada Oktober Indonesia sudah mengumpulkan pengguna Facebook sebanyak 9 juta lebih, yang ini artinya dalam sebulan ada lebih 2 juta pengguna baru. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai pengguna terbesar di benua Asia dan Australia.

Ada beberapa langkah efektif yang bisa kita lakukan, untuk lebih ‘melindungi’ akun Facebook kita. Di antaranya yaitu :

1. Gunakan Https

Anda bisa mengaktifkan fitur https bawaan Facebook setelah login dan masuk di (Akun – Pengaturan Akun – Keamanan Akun – Centang di opsi Jelajah Aman https).

2. Gunakan Password yang Kuat

Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan oleh pengguna adalah dalam membuat password. Terkadang beberapa orang memilih memasukkan tanggal lahir mereka, kota kelahiran dan sebagainya yang hal itu ternyata sangat mudah diretas oleh para hacker. Oleh karena itu pilihlah password yang kuat dan panjang.

3. Hilangkan Aplikasi yang Tidak Penting

Tentunya Anda masih ingat  ‘aplikasi Lindsay Lohan’ yang berhasil menipu banyak pengguna facebook Desenber lalu (selengkapnya baca di sini). Aplikasi ini mencoba mengakses seluruh profil akun facebook yang berhasil dibajaknya, dan akhirnya akan melenyapkannya. Untuk mencegahnya, Anda bisa memilah-milih mana aplikasi yang masih berguna dan tidak berguna.

4. Hilangkan (unadded) Teman yang tidak Anda Kenal

Di Facebook, siapa pun dan kapan pun bisa menjadi teman Anda. Memang di satu sisi kita akan bertambah teman, tapi di sisi lain akun Facebook kita akan terancam oleh serangan hacker.

5. Scan Komputer Anda dengan Antispyware dan Anti Malware

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menscan seluruh komputer dan jaringan yang digunakan untuk online.

Semoga Bermanfaat

3 thoughts on “Langkah Efektif Lindungi Akun FB dari Hacker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s